Glitter Words

Sabtu, 15 Mei 2010

suka duka menulis PI

Hmmmppttt…..awalnya seneng banget nulis PI bisa nyari hal-hal yang baru, sampai gak bisa tidur buat nentuin judul apa yang tepat buat PInya?!?!
Sayangnya awal pertemuan dengan dosen pembimbing, saya tidak datang karena telat kesiangan bangun dan membutuhkan perjalanan ke kampus cukup lama. Padahal hari itu pembagian kelompok dan dosen pembimbing. Akhirnya saya menanyakan dengan teman kelompok PI tentang sistematika penulisan PI dan karakteristik DPnya.
Kelompok PI kami ada 7 orang yang terdiri dari Feby, Fatir, Edo, Zuwinda, Elsa, Tri Handayani, dan saya. Sementara, DP kami adalah ibu Sri Supadmini. Awalnya kami sedikit kecewa mendapatkan DP ibu Sri, karena beliau adalah orang yg penuh kedetailan dan agak sedikit jutek. Tetapi kami mencoba untuk membiasakan diri.
Setiap seminggu sekali kami bertemu dengan DP, saat konsultasi perdana kami menyerahkan proposal dan banyak judul PI kami yang diterima oleh beliau. Pada saat itu juga kami semua mulai mengerjakan bab 1 dan setiap minggunya kami konsultasi untuk penyempurnaan isi disetiap masing-masing bab tersebut.
Saya beranggapan, “ ternyata nulis PI itu gak semudah yang saya fikir “?!?!
Banyak banget problematikanya baik dari segi capek otak, capek fisik, dan kadang pegel hati. Tetapi semua itu jadi sebuah ilmu baru dan menciptakan suasana yang baik juga.
Heheee…
Bab 1, bab 2 selesai ditulis masih aja belum dinilai sempurna sesuai kemauannya dan belum di acc juga. Melihat kondisi itu, saya jadi ngedown dan malas untuk melanjutkan/ merevisi bab itu lagi. Setiap pertemuan, saya harus menyerahkan bab tersebut dan hasilnyapun masih aja salah juga. Tidak hanya saya saja, tapi hampir satu kelompok saya sama seperti itu. Hanya saja Fatir dan Elsa yg masih melanjutkan bab selanjutnya. Entah, dibenak saya sama aja itu pilih kasih atau apakah beliau kurang memahami materi yang diambil oleh mereka?!! Sehingga mereka masih lancer mengerjakannya.
Tapi it’s ok..itu membuat kami terpacu untuk melanjutkannya. Kamipun saling memberikan semangat, solusi dan terbuka satu sama lainnya. Itulah yang membuat kami bersemangat walaupun sedikit jenuh!!!

Kelompok kami memperoleh data harus data primer dan sekunder, sehingga kami semua meriset serta observasi ketempat yang dituju. Sayapun bingung, perusahaan apa yang akan diriset?!!
Karena tidak semua perusahaan bisa memberikan data primer karena itu sudah private perusahaannya dan saya tidak mempunyai Link untuk membantu tugas saya. Oleh sebab itu, saya mengambil sample koperasi kredit yang letaknya tidak jauh dari kampus dan saya pernah observasi sebelumnya dengan kelompok lain.
Akhirnya saya berkunjung ke koperasi kredit yang berada di Beji,Depok. Saat itu cuacanya sangat terik, saya harus menunggu beberapa menit untuk antri dengan para pengunjung yang sedang konsultasi. Akhirnya, saya bertemu dengan bendahara selaku pengurus koperasi kredit melati. Sebenarnya saya ingin bertemu dengan kepala pengurus koperasi tersebut, tetapi beliau sedang keluar kota. Hingga akhirnya saya beretanya-tanya kepada beliau, dan tak lama kemudian saya diberi data-data perusahaan termasuk laporan keuangan koperasi.
Waktu itu seneng banget, hari pertama kunjungan ke koperasi melati langsung dikasih data-datanya. Saya jadi bersemangat lagi melanjutkan nulis PI. Banyak teman-teman saya yang mengambil sampel perusahaan tetapi banyak dari mereka yang tidak diperbolehkan melihat laporan keuangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar